Sam Farma

Situs informasi seputar dunia obat dan kesehatan


Jahe Sebagai Alternative Obat Migrain


   Jahe yang kita kenal sebagai bumbu masak ini ternyata mempunyai banyak manfaat yang patut kita coba,,
tak hanya berperan penting dalam ihwal masak memasak tapi rimpang yang mempunyai nama latin zingiber officinale ini ikut andil dalam bidang kesehatan, jahe yang khas dengan rasa pedasnya ini dapat menyembuhkan sakit migrain,,
        Jahe mengandung zat safrol, tanin, phenil propil acetat, karminatif, dan stomakik. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk melonggarkan pernapasan, mengurangi stres, manambah napsu makan, maupun memperbaiki pencernaan. Jahe yang dipanen pada umur muda tidak dapat bertahan lama untuk disimpan di dalam gudang. Oleh karena itu sebelum membusuk disarankan segera diolah agar tetap layak dikonsumsi. Ada beberapa hasil pengolahan jahe di pasaran, antara lain jahe segar, jahe kering, awetan jahe, jahe bubuk, minyak jahe, dan oleoresin jahe. Rimpang ini mampu memperlambat pertumbuhan kanker atau ukuran tumor yang sudah ada sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa apabila sering mengkonsumsi jahe akan membuat tubuh jauh dari penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. 
Migrain adalah sakit kepala yang disertai rasa nyeri berdenyut pada satu sisi saja dan datangnya secara mendadak, serta diikuti dengan silau bila melihat cahaya (fotofobia) dan penglihatan ganda, atau perasaan mual sampai muntah-muntah. Sakit akibat migrain yaitu terasa berdenyut pada bagian belakang dan samping kepala sampai pelipis, serta di sekitar bola mata.
Sakit kepala juga disebabkan karena kekurangan serotonin (senyawa kimia pembawa pesan) sehingga membuat pembuluh darah yang menuju otak mengkerut atau menyempit. Penyempitan ini menyebabakan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga menimbulkan gejala awal migrain. Seperti telinga berdenging, rasa kesemutan pada anggota badan tertentu dan gangguan penglihatan. Setelah gejala awal berlalu, penderita migrain mengalami rasa nyeri pada salah satu sisi kepala yang dapat berlangsung selama berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Rasa nyeri tersebut juga timbul karena tertekannya syaraf-syaraf yang berada di dekat pembuluh darah yang memuai tersebut.
Migrain terbagi menjadi 5 kategori, yaitu :
1.    Migrain yang hanya terasa pada sebelah sisi kepala, tanpa keluhan lain
2.    Migrain yang  disertai gangguan penglihatan
3.    Migrain yang disertai melemahnya setengah sisi badan
4.    Migrain pada bagian belakang kepala, diikuti pusing, sulit menelan, telinga berdenging dan gangguan bicara
5.    Migrain yang disertai melemahnya otot mata yang bersifat sementara.
        Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan migrain, antara lain keturunan (genetika), peradangan, stress, perubahan cuaca, sinar yang terlalu terang, bau yang tidak sedap, gangguan haid, dan makanan seperti coklat, makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG), makanan yang diawetkan, kacang-kacangan, almond, bumbu kacang, bumbu masak kimiawi, biji buah, kismis,  keju, es, es krim, es teh, alkohol, arak, kopi (kafein), kue bolu, anggur merah, makanan yang mengandung aspartine.
Untuk mengobati sakit migrain, ada berbagai cara pengolahan jahe antara lain dibuat bisa dibuat wedang jahe, minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe dalam bumbu masakan Anda. 
Nah, cara bikin wedang jahe si ramuan mujarab penyembuh migrain ini gampang koq, 
   §  Jahe dibersihkan dari kulitnya
   §  Cuci bersih jahe, kemudian parut
   §  Peras jahe yang sudah di parut menggunakkan penyaring yang ada.
               §  Masukkan ke dalam gelas tambahkan air hangat dan gula, aduk hingga rata.Wedang jahe siap untuk dinikmati dan diminum 2 kali sehari.

OK,, kamu kamu yg punya riwayat sakit migrain, cara ini wajib bwt dicoba,, tinggal milih mo bwt wedang jahe, wedang ronde atau cukup dengan menambahkan jahe dlm bumbu masakan.. yang gampang n praktis ya bwt wedang jahe aja, enak diminum saat cuaca dingin kayak gini..

0 comments:

Post a Comment